Minggu, 06 Maret 2016

Perjalan awal karir Ed Sheeran

Diposting oleh Unknown di 02.22
Ed Sheeran adalah penyanyi pria berkebangsaan Inggris. Ia lahir pada tanggal 17 Februari 1991 dengan nama lengkap Edward Christopher Sheeran. Ia menjadi salah satu penyanyi dan penulis lagu asal Inggris yang sukses meraih kesuksesan global saat ini. Genre yang ia bawakan adalah musik pop. Dalam dunia musik, karir Ed Sheeran bisa dibilang masih sangat singkat. Ia memulai debut album di tahun 2011 lalu, dan telah merilis 2 album studio. Uniknya, ia menamai album mereka sesuai simbol matematika, yaitu + (tanda plus) dan X (tanda kali). Meski masih terbilang masih baru, namun karir Ed Sheeran mampu menanjak dengan cepat. Berikut akan kami hadirkan profil dan biografi lengkapnya
 


Karir Sheeran dimulai tahun 2005 dan menghasilkan rekaman pertamanya, THE ORANGE ROOM. Dua album berturut ia rilis, SELF TITLED (2006) dan WANT SOME? (2007). Dengan dua album dirilisnya. Sheeran tampil dalam venue kecil hampir setiap hari. Saking kecilnya sampai pernah ia hanya ditonton oleh 5 orang saja.

Selama tahun 2009, Sheeran sukses tampil dalam 312 pertunjukan. Ia berhasil mematahkan rekor penampilan James Morrison yang pernah tampil dalam 200 pertunjukan. Tepatnya di bulan Februari di tahun 2010 Sheeran merilis mini album LOOSE CHANGE yang di dalamnya terdapat single debutnya yang terkenal, The A Team.
Bakat Sheeran diendus oleh Jamie Foxx saat dirinya tampil di Los Angeles, April 2010. Foxx memberi Sheeran kesempatan untuk menggunakan studionya dan menempati rumahnya di Hollywood selama Sheeran berada di LA. Sepanjang 2010, Sheeran mencuri perhatian netizen melalui videonya di YouTube. Fansnya pun bertambah. Beberapa nama terkenal yang mengakui bakatnya antara lain, harian The Independent, pemain bola Rio Ferdinand dan Elton John.

Lewat albumnya NO. 5 COLLABORATIOS PROJECT yang rilis tanggal 8 Januari 2011, Sheeran mendapat perhatian dari kelompok mainstream karena berhasil meraih posisi 2 di tangga iTunes tanpa satu pun promosi. Albumnya tersebut terjual sebanyak 7000 kopi dalam minggu pertamanya saja.
Satu hal yang memang dikenal dari Sheeran tentu saja adalah single debutnya, The A Team. Single ini bercokol di posisi tiga chart di Inggris dengan penjualan sekitar 58 ribu kop pada minggu pertama. Singlenya ini langsung mendapat predikat single debut dengap rekor penjualan terbaik dan masuk ke dalam 8 single dengan penjualan terbanyak di tahun 2011.

Tak hanya itu, singlenya ini menjadi hits di Australia, Jerman, Irlandia, Jepang, Luxemburg, Selandia Baru, Norwegia, dan Belanda.
Album studio Sheeran, +, dirilis 12 September 2011. Album ini langsung mendapat posisi pertama dalam tangga album di Inggris dengan penjualan 102 ribu kopi dalam minggu pertamanya. Dari penjualannya yang makin lama makin laris, album ini mendapat triple platinum dari British Phonographic Industry. Sampai bulan Maret 2012, album ini telah terjual sebanyak 1.021.072 kopi di UK.

ED Sheeran juga berperan dalam beberapa karya musisi tenar seperti boyband One Direction. Ia membantu menuliskan lagu Moments yang dipakai oleh One Direction. Tanggal 10 Januari tahun ini, ia membantu band Snow Patrol dalam menjalani tur Fallen Empires Tour. Satu lagi lagunya yang ia sumbangkan adalah lagu Give Me Love. Lagu tersebut dipakai dalam salah satu episode THE VEMPIRE DIARIES.

Itulah awal karir dari Ed Sheeran semoga bisa menginspirasi kita untuk selalu berjuang dan mencitai apa yang kita lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Lugina's Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea